Home
Gubernur Memimpin Langsung Rapat Evaluasi Penyerapan Dana APBN Tahun 2013 Di Sulawesi Utara PDF Print E-mail
Wednesday, 06 November 2013 09:23

Liputan Rapat Koordinasi & Evaluasi Triwulan II Penyerapan Dana APBN dan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Untuk Program dan Kegiatan APBN TA 2013 Se-Provinsi Sulawesi Utara

Manado, kanwilperbendaharaan-sulut.net – Suhu dingin ruangan rapat di Swisbell Hotel Maleosan Manado tidak cukup untuk meredakan suasana panas rapat pada hari Rabu (31/7). Rapat yang di inisiasi oleh Bappeda Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dan Kepala / Perwakilan Satuan Kerja Instansi Vertikal dan SKPD lingkup Sulawesi Utara.

Bagaimana tidak terasa panas, dalam Rapat evaluasi tersebut, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. S.H. Sarundajang tidak bisa menutupi rasa marah dan kekecewaanya setelah mendengar pemaparan hasil evaluasi serapan anggaran dana yang bersumber dari APBN untuk Provinsi Sulawesi Utara oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara. Bahkan pada kesempatan itu Gubernur langsung mengecek satu-satu kehadiran Kepala / Perwakilan satuan kerja dalam rapat tersebut mulai dari Kementerian, Kantor Wilayah, Badan, Dinas, Instansi Vertikal, SKPD, sampai perwakilan kabupaten-kota.

Rapat tersebut dibuka langsung dan diarahkan oleh Gubernur. Selanjutnya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara Irwan Ritonga menyampaikan materi utama mengenai Evaluasi Penyerapan Dana APBN Semester I Tahun 2013. Beliau menyampaiakan bahwa serapan anggaran di Sulawesi Utara sampai dengan semester I masih tergolong rendah. Dari total anggaran Rp. 7,3 triliun yang masuk di Sulawesi Utara baru terserap sekitar 28,69% atau sekitar Rp. 2,1 triliun.

Jika dibandingkan dengan tahun 2012 yaitu dana yang terserap pada semester I sekitar 33,95% berarti untuk tahun 2013 ini turun sebesar 5,6%. Padahal anggaran untuk Sulawesi Utara dari tahun lalu naik dari Rp. 6,2 triliun menjadi Rp. 7,3 triliun, kata Irwan Ritonga. “Yang rendah adalah belanja modal, terutama untuk pembangunan infrastruktur fisik”, kata beliau. “Ini sangat memprihatinkan, karena waktu tinggal 4 bulan lagi, yang kita takutkan adalah kegiatan yang tersisa tidak dapat menghasilkan output yang efektif, efisien, dan berdayaguna. Padahal proyek-proyek infrastruktur sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi dan bersifat multiplayer effect”, tambah beliau.

Di akhir pemaparan, Beliau juga menyebutkan beberapa proyek yang masih minim serapan seperti proyek infrastruktur jalan Binamarga Rp. 1,4 triliun realisasi 23 persen, proyek perguruan tinggi Rp. 880 miliar realisasi 2,7 persen, proyek listrik pedesaan Rp. 92 miliar realisasi 14,4 persen, proyek DAS Tondano Rp. 58 miliar realisasi 7 persen, proyek bandara udara Rp. 222 miliar realisasi baru 10 persen, dan masih ada beberapa proyek yang lainnya.

Sebelum rehat siang, rangkaian acara yang tidak kalah penting adalah Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Bappeda Provinsi Sulawesi Utara) bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara dalam hal kerja sama pertukaran dan pemanfaatan informasi serta data dan peningkatan kompetensi pegawai.

Kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama tersebut antara lain pertukaran dan pemanfaatan informasi serta data pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara dan Bappeda Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka pelaksanaan kegiatan di bidang pengelolaan keuangan pusat dan daerah, bersama-sama melakukan evaluasi terhadap penyerapan dana APBN di Provinsi Sulawesi Utara setiap triwulan, sharing knowledge antara pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara dan Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, dan kegiatan kebersamaan lainnya dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai kedua belah pihak.

Setelah rehat siang kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan dan pembinaan dari Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Utara, diskusi, pengarahan oleh Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, dilanjutkan dengan penutupan oleh Asisten I Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang mewakili Gubernur.

 

Oleh : M. Ulil Albab

 

 

Kepuasan Anda Kebanggan Kami

Contact Us

Admin:
Customer Service:
Bagaimanakah Pelayanan Kami?
 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1346
mod_vvisit_counterYesterday1306
mod_vvisit_counterThis Week4055
mod_vvisit_counterThis month16625
mod_vvisit_counterAll409375

Online : 16
Your IP: 54.83.122.227
Ulti Clocks content

Kalender Kegiatan

<<  December 2017  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
      1  2  3
  4  5  6  7  8  910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Links

Peraturan terbaru

Pojok berita

News Flash

Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah anda miliki, Anda harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan.